Langsung ke konten utama

Jumlah SKP untuk Perpanjangan STR Perawat

Jumlah SKP untuk Perpanjangan STR Perawat

Jumlah SKP untuk Perpanjangan STR Perawat - Untuk lakukan memperpanjang Unit Credit Profesi (SKP) tiap-tiap Pakar Tehnologi Laboratorium Medik mesti penuhi 25 SKP yang ditetapkan oleh organisasi profesi. Apa landasan pemenuhan 25 SKP ini? pemenuhan ini berdasar pada PERMENKES No. 46 th. 2014 mengenai Surat Tanda Registrasi, di antara point nya ialah : 
Dedikasi diri jadi tenaga kesehatan 
Pemenuhan kecukupan dalam service, pendidikan, kursus serta aktivitas ilmiah yang lain. 

Pemenuhan pada point tertulis diatas yakni dengan prasyarat pemenuhan Unit Credit Profesi (SKP sepanjang 5 (lima) th. yang diputuskan organisasi Profesi. Supaya bisa gampang kita mengertinya, mari kita cermati jalur Penambahan Kualitas berikut ini. 

STR Online MTKI


Untuk penuhi 25 SKP tiap-tiap Pakar Tehnologi Laboratorium Medik diinginkan selalu tingkatkan ilmu dan pengetahuan di bagian laboratorium seperti yang diinginkan oleh Organisasi Profesi serta Negara, yakni dengan Program Pendidikan Keprofesian Berkepanjangan. 

Dalam Penambahan Kualitas, tiap-tiap ATLM mesti ikuti Sertifikasi, Registrasi serta Lisensi terhadapt Profesinya. Untuk yang baru lulus kuliah umumnya Sertifikasi sekarang ini (2016) masih tetap dapat dikerjakan lewat Universitas masing - masing serta yang telah bekerja bisa lewat DPC masing - masing. Bila ATLM tidak penuhi 25 SKP jadi, ATLM harus ikuti UJI KOMPETENSI terlebih dulu untuk memperoleh Sertifikat Kompetensi. 

Untuk lakukan Registrasi di MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia), ATLM mesti mempunyai Serifikasi Kompetensi dari Tubuh/Instansi yang mengadakan Uji Kompetensi. 

Pendaftaran Registrasi di MTKI Dapat lewat Universitas atau lewat DPC masing - masing. Bila telah tercatat ATLM juga akan memperoleh Surat Tanda Registrasi dari Kementrian Kesehatan, yang berarti Kamu telah SAH tercatat di Kementrian, serta STR adalah bekal untuk melamar kerja di beberapa lembaga baik itu swasta serta atau pemeritahan, STR ini berlaku NASIONAL. 

Bila Kamu telah di terima di Lembaga/Instansi service kesehatan, cepatlah untuk buat SIP seperti yang tertuang dalam permenkes No. 42 th. 2015. SIP yaitu bukti kalau apa yang Kamu kerjakan yaitu Legal. 

BAGAIMANA PERHITUNGAN PEROLEHAN SKP PATELKI? 



Unit Credit Profesi ini dihimpun sepanjang 5 th., di mana jumlah yang perlu dikumpulkannya yaitu 25 SKP. Pemenuhan SKP bisa lewat Program Pendidikan Keprofesian Berkepanjangan (P2KB), salah satunya yaitu ; 

A. KAGIATAN PELAYANAN PROFESI 

Proses Aktivitas Profesi/Praktek Profesi adalah aktivitas profesi yang meliputi aktivitas service Laboratorium Medik di institusi Service kesehatan, umpamanya : Laboratorium klinik Tempat tinggal Sakit, Puskesmas, Laboratorium Klinik Mandiri, dan lain-lain. 

Nilai Credit Keseluruhan yang perlu dihimpun sepanjang 5 th. yaitu Tanpa ada minimum serta Maksimum 5 SKP. 

B. KEGIATAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN 

Aktivitas Pendidikan Berkepanjangan, terbagi dalam : 

B1 ; Aktivitas Ilmiah Kognitif, aktivitas ini mencakup Seminar, Simposium, Diskusi Panel, Talk Show. Di mana SKP aktivitas kognitif ini bisa diberi pada lembaga di luar PATELKI terkecuali Organisasi/Asosiasi beda. 

Nilai Credit Keseluruhan yang perlu dihimpun sepanjang 5 th. yaitu Minimum 5 SKP serta Maksimum 20 SKP. 

B2 ; Kursus ATLM Up-date ini WAJIB untuk penambahan pengetahuan ATLM, di mana yang termasuk juga WAJIB untuk Medical Laboraty Up-date ini seperti Hematologi, Kimia Klinik, Imuno-serologi, Mikrobiologi, Toksikologi Klinik, Histoteknologi serta Molekuler Diagnostik. 

Nilai Credit Keseluruhan yang perlu dihimpun sepanjang 5 th. yaitu Minimum 4 SKP serta Maksimum 20 SKP. 

B3 ; Kursus TLM Up-date (Pilihan). Tiap-tiap ATLM bisa pilih kursus sesuai sama keperluan yang diperlukan dilingkungan kerjanya. Kursus ini punya maksud untuk tingkatkan skill ATLM dalam service bagian tertantu, umpamanya Kursus Flebotomi, Pengendalian Kualitas, Instrumen Analisa, Manajemen Laboratorium serta Validasi Hasil dalam laboratorium Klnik. Aktivitas ini Harus serta pilihan yang disadari yaitu yang diadakan oleh PATELKI. 

Nilai Credit Keseluruhan yang perlu dihimpun sepanjang 5 th. yaitu Minimum 3 SKP serta Maksimum 20 SKP. 

B4 ; Kursus Non Klinis, adalah kursus untuk tingkatkan kekuatan Manajerial serta atau Kepemimpinan dalam Laboratorium 

Nilai Credit Keseluruhan yang perlu dihimpun sepanjang 5 th. yaitu Tanpa ada Minimum serta Maksimum 20 SKP. 

C. KEGAITAN PENGABDIAN MASYARAKAT/PROFESI 

Kegaitan Dedikasi Orang-orang/Profesi Meliputi Aktivitas : 
- Jadi pengurus/panitia di Organisasi Profesi 
- Jadi tim kesehatan dalam tanggap darurat bencana, serta atau penyuluhan kesehatan 
- Aktivitas sosial kemasyarakatan yang terkait dengan service kesehatan 

Nilai Credit Keseluruhan yang perlu dihimpun sepanjang 5 th. yaitu Tanpa ada Minimum serta Maksimum 4 SKP. 

D. KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESI 

Aktivitas Pengembangan Keprofesian dikerjakan lewat ; 
- Pendidikan/Pembimbing klinik 
- Penelitian 
- Pengaturan Pedoman 
- Standard, modul serta buku - buku ilmiah 
- Pembimbing laporan pekerjaan akhir (KTI, Skripsi, tesis serta desertasi) di luar pekerjaan paling utama sebagai tanggung jawabnya. 

Nilai Credit Keseluruhan yang perlu dihimpun sepanjang 5 th. yaitu Tanpa ada Minimum serta Maksimum 4 SKP 

E. KEGIATAN PUBHLIKASI ILMIAH 

Aktivitas Pubhlikasi Ilmiah mencakup pubhlikasi karya ilmiah yang diterbitkan pada jurnal atau majalah tingkat lokal, nasional serta internasional yang terakreditasi ataupun tidak terakrteditasi, dan pubhlikasi modul, buku/monograf baik yang berbentuk ilmiah ataupun popular di bagian kesehatan/kebidanan. 

Nilai Credit Keseluruhan yang perlu dihimpun sepanjang 5 th. yaitu Tanpa ada Minimum serta Maksimum 5 SKP 

Tersebut perhitungan SKP berdasar pada rumusan PATELKI untuk penuhi basic PKB berdasar pada Permenkes N0. 46 2014 mengenai STR point dua yakni pemenuhan kecukupan dalam service, pendidikan, kursus serta aktivitas ilmiah yang lain. 

KETENTUAN SKP 

SKP aktivitas Internasional, Nasional serta regional di keluarkan oleh DPP. SKP aktivitas lokal di keluarkan oleh DPW (SKP yang di keluarkan DPW mesti ditembuskan ke DPP). 

Aktivitas ilmiah yang diadakan oleh asosiasi profesi beda di mana pembicara, moderator serta panitianya datang dari asosiasi profesi itu, serta pesertanya cuma datang dari anggota PATELKI, jadi PATELKI tidak keluarkan SKP. 

Aktivitas ilmiah yang diadakan oleh instansi beda (RS, Laboratorium, Institusi Pendidikan, dan lain-lain) untuk kebutuhan internal (inhouse training), jadi diserahkan sesuai sama lingkup aktivitasnya. 

PENILAIAN DAN PENGHITUNGAN SKP 

Jumlah SKP yang perlu dipenuhi oleh tiap-tiap anggota PATELKI untuk memperoleh Perpanjangan STR yaitu minimum 25 SKP dalam 5 th.. 

Mengajukan permintaan reregistrasi mesti telah dikerjakan paling lambat 6 bulan sebelumnya masa berlaku STR habis. 

Aktivitas Re-registrasi ATLM dikerjakan lewat sistem pengumpulan bukti dokumen/sertifikat kompetensi (portofolio) dari pencapaian SKP yang sudah dihimpun sepanjang 5 th..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pokok dan Fungsi Manajer Menurut Para Ahli

Tugas Pokok dan Fungsi Manajer Menurut Para Ahli Tugas Pokok dan Fungsi Manajer Menurut Para Ahli - Pengertian Mary Parker Follet menyebutkan kalau seseorang manajer bertugas mengatur serta mengarahkan orang yang lain untuk menjangkau maksud organisasi. Manajemen yaitu seni merampungkan pekerjaan lewat orang yang lain. Ricky W. Griffin mendeskripsikan manajemen jadi satu sistem rencana, pengorganisasian, pengkoordinasian, serta pengontrolan sumber daya untuk menjangkau tujuan dengan efisien serta efesien. Efisien bermakna kalau maksud bisa diraih sesuai sama rencana, sesaat efektif bermakna kalau pekerjaan yang ada dikerjakan dengan benar, terorganisir, serta sesuai sama jadwal. Manajemen belum juga mempunyai pengertian yang mapan serta di terima dengan universal.  Pengertian Pekerjaan & Tangung Jawab Manajer (Manager)  Sebab tersebut banyak ketidaksamaan pengertian mengenai manager. Diliat dari tata bhs manager yaitu aktor dari manajemen. Kata Manajemen datang dari bhs

Tugas Staff Administrasi Gudang

Tugas Staff Administrasi Gudang Tugas Staff Administrasi Gudang - Di bawah ini aku juga akan cobalah menerangkan perincian umum pekerjaan staff admin gudang logistik yang mungkin saja juga akan bermanfaat untuk kalian semuanya yang juga akan bekerja dengan sisi staff administrasi gudang. aku sendiri kerja jadi staff admin logistik di satu diantara perusahaan retai paling besar se jawa barat. aku sendiri kera jadi staff admin logistik kirang lebih telah satu tahun waktu lalu terhitung bulan ke 7 th. 2014. oleh karenanya aku juga akan sharing pengalaman aku tentang perincian umum pekerjaan staff admin gudang logistik itu. ya mungkin saja perincian kerjaan staff admin gudang logistik itu berlainan dengan perusahaan yang lain, ngga hanya terpaku dengan apa yang juga akan aku terangkan. tetapi mungkin saja ada faedahnya jadi deskripsi umum, khusunya untuk kamu atau pembaca sekalian yang juga akan melamar kerja jadi staff adminustrasi logistik itu.  Perincian umum pekerjaan staff adm

Kado yang Boleh Diberikan Kepada Pacar

 Kado yang Boleh Diberikan Kepada Pacar Kado yang Boleh Diberikan Kepada Pacar - Mempunyai kekasih memang cantik rasa-rasanya. Menghadiahkan untuk kekasih jadi peristiwa yang dapat membuat kamu makin dekat sama idola hati. Memberikan hadiah untuk kekasih bisa juga membuat situasi jalinan kalian berdua makin romantis. Nah bila sekarang ini sesaat lagi kamu harus rayakan anniversary atau ultah kekasihmu. Kurang lebih hadiah apa ya yang pas untuk pasangan mu? Berikut Jurnalsumsel.com kumpulkan 10 referensi hadiah untuk kekasiha yang pas dan ditanggung anti tidak berhasil buat jalinan kalian lebih abadi. Baca : TNI Kodam II Sriwijaya Turunkan 16 Ribu Pasukan Amankan Pemilihan kepala daerah 2020 Baca : Hasil Test COVID-19 Negatif, Valentino Rossi Selekasnya Terbang Ke arah Valencia 1. Bikinlah Hadiah Handmade Tidak perlu keluarkan anggaran besar untuk memberi hadiah ke pasangan mu. Bikinlah kerajinan tangan sekreatif kemungkinan versus mu. Kamu dapat membuat syal, atau beberapa barang yang